Pengantar Komputer Akuntansi

PENGANTAR KOMPUTER AKUNTANSI

DEFINISI KOMPUTER
computare - to computer - menghitung
@Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
@Mesin hitung mekanik pertama pada tahun 1642 ditemukan oleh seorang ahli fisika Perancis bernama Blaise Pascal. Mesin ini hanya dapat mengerjakan perhitungan, penjumlahan dan pengurangan saja. Lalu pada tahun 1692 mesin ini disempurnakan oleh G. Wilhelm Von Liebnitz, seorang Jerman yang menambahkan fungsi perkalian dan pembagian.
@Robert H. Bissmer mendifinisikan computer sebagai suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input tersebut, lalu menyediakan dan menyimpan hasil pengolahan (output)


SIKLUS PENGOLAHAN DATA
@Data : Kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.
@Pengolahan : Manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti.
@Informasi : Hasil dari pengolahan data yang memberikan bentuk lebih berarti dari suatu kejadian.


SEJARAH GENERASI KOMPUTER
@Komputer listrik Amerika pertama, ENIAC, dibuat tahun 1946 dan hanya mampu mengerjakan 5.000 operasi/detik. Namun karena tidak bisa menyimpan data, maka mesin ini tidak dianggap sebagaimana mesin komputer.
Mesin Mark I dari Manchester University dianggap sebagai mesin komputer listrik pertama karena mampu menyimpan instruksi untuk mengerjakan serangkaian hitungan, walau kecepatan mesin ini hanya 800 hitungan/detik dan dipakai hanya selama 52 menit saja pada tanggal 21 Juni 1949.
Ferranti Mark-I, pengembangan dari Mark-I dijual secara komersial di Eropa di tahun 1950. Bentuk fisik computer pada masa itu masih besar (bahkan lebih besar dari lemari pakaian).
Bermula dengan penggunaan dan pengembangan chip yang dilakukan oleh perusahaan Intel, dimulai dari chip processor 4-bit Intel-4004 dengan kecepataan 60.000 operasi /detik. Didalam chip terdapat 1900 transistor.
Namun kelahiran kompu termikro baru ditandai dengan peralihan processor 4-bit ke 8-bit pada tahun 1972 ketika Intel memperdagangkan processor Intel-8008.
Tahun 1974 Intel meluncurkan processor Intel-8080, ditandai dengan pengalamatan (address) memory hingga 64 kilobyte, kecepatan 10 X dari processor sebelumnya dan jumlah chip pendukung yang hanya tinggal 6 buahsaja,.Kemampuannya yang mencapai 1 MIPS (million instructions per second) atau 1 juta operasi /detik menyebabkan kemampuan computer mikro ini setara dengan komputer mainframe IBM (International Bussines Machine) 704.

@Pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan Zilog, dengan processor Z-80 membuat computer mikr tidak lagi dipandang sebagai "kit" lagi. Processor Z-80 mempunyai 2X kecepatan dari Intel-8080 dengan rangkaian instruksi sebanyak 176 buah. Dengan kemampuannya ini, Z-80 setara dengan kemampuan komputer mainframe IBM-7094.
PenggunaanDRAM (Dynamic Random Access Memory) juga turut mempermurah harga computer dibandingkan penggunaan SRAM (Static Random Access Memory).Alokasi penggunaan memory juga meningkat dari 64 Kb menjadi 128 Kb.

@IBM PC (Personal Computer) yang diluncurkan tahun 1981 mendapat sambutan luar biasa. 800.000 ribu PC terjual tahun itu dan 2.000.000 PC pada tahun berikutnya.IBM PC-XT (Extended Technology) semakin menarik karena daya kemampuannya sama dengan komputer mainframe DEC PDP 1170 (di tahun 1975), ditambah penggunaan harddisk pertama kali untuk computer mikro sebesar 10 MB.
IBM kemudian merilis cetak biru rancangannya kepublik, sehingga mendorong pembuatan komputer cloning-nya (tiruan), yang biasa disebutsebagai IBM PC-compatible.
Meningkatnya penjualan komputer PC dan tiruannya, juga didorong oleh semakin banyaknya pembuatan program untuk komputer PC, diantaranya Lotus Inc. dengan Lotus-123 danWordstar International Inc. denganprodukWordstar-nya.
Kemudian muncul IBM PC-AT (Advanced Technology) yang menggunakan processor Intel-80286 yang mempunyai kecepatan 1,5 juta operasi /detik. Kemampuannya ini sama dengan komputer mainframe VAX 11/780 dari DEC (di tahun 1979) yang menggunakan sistem operasi UNIX.

@Ketika Intel memperkenalkan Intel-80386 yang mempunyai kecepatan 2 juta operasi /detik karena didukung oleh jumlah transistor yang lebih banyak (130.000 buah dalam 1 chip), ditambah dengan diperkenalkannya sistem operasi Windows dari Microsoft menjadikan industri komputer ramai.Penelitian Intel selama 4 tahun yang menelan biaya 300 juta dollar akhirnya sukses ketika Intel meluncurkan processor Intel-80486, processor dengan 1 juta transistor super-mini didalamnya. Selanjutnya sejarah mencatat, ketika Intel mengeluarkan processor Intel P54C, atau Pentium (lalu Pentium Pro, Pentium II, Pentium III dan Pentium-4)


Pengembangan Siklus Pengolahan Data
@Origination : Proses pengumpulan data (pencatatan/recording).
@Input : Proses memasukkan data ke dalam komputer lewat alat input.
@Processing : Pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat proses (penghitungan, membandingkan, mengkalsifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di memori).
@Output : Proses menghasilkan output/informasi dari hasil pengolahan data ke alat output.
@Distribution : Penyebaran output ke pihak yang membutuhkan informasi.
@Storage : Proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar.
http://sikompie.blogspot.co.id/2012/01/siklus-pengolahan-data-pada-komputer.html

SISTEM KOMPUTER
Sistem Kompter adalah jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok. Suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
Macam – Macam Sistem Komputer: -#Hardware (Perangkat Keras) :
Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat disentuh.
#Software(Perangkat Lunak)
Program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data.
#Brainware (Operator/Manusia)
Manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem computer.


JENIS KOMPUTER
KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH
1.Komputer Analog
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif.
@Kelebihan Komputer Analog:
•Kecocokan dalam pengukuran.
•Pengolahan data cepat.
•Merupakan special-purpose komputer.
•Merepresentasikan besaran yang akan diproses dan yang dihasilkan dalam suatu rentang nilai tertentu yang disesuaikan dengan nilai besarannya,
•Berdayaguna untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri.
@Kekurangan Komputer Analog:
•Dalam memproses data kurang tepat.
•Masih kurang bahkan tidak dapat memproses data berupa angka.
•Hanya menyelesaikan suatu masalah yang khusus.
•Memiliki komponen yang berlebihan dan banyak hingga disebut rumit.
•Tidak terstruktur.
•Tidak multifungsi.
•Daya tenaga yang masuk banyak sementara daya hasil keluaran tidak seimbang/kurang.
@Contoh lain : Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer, alat hitung pengukur suhu, alat hitung pengukur kecepatan, pengukur arus,, pengukur temperature, pengukur tekanan, dll.

2. Komputer Digital
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.
@Keunggulan :
-Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.
-Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
- Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai danmenentukan hasilnya, yaitumembandingkan elemen nilai yang satu lebihkecil atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau tidak samadengan elemen nilai yang kedua.
-Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.
- Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik maupun gambar.
contohnya PC yang banyak digunakan orang, calculator, Apple lle, IBM PC3.

3. Komputer Hybrid
Hybrid Computer adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.
@Kelebihan :
Komputer ini lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.
Contoh dari komputer jenis ini adalah komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.


KOMPUTER BERDASARKAN UKURANNYA
1.Mainframe Computer;
Komputer jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini memiliki suatu Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri. Peralatan CPU dan Storage tersebut dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Terminal yang disambungkan dapat dalam jumlah ribuan sesuai dengan kebutuhan san seri dari komputer mainframenya. jenis komputer ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala besar yang banyak memiliki banyak cabang.

2. Komputer Mini (Mini Computer)
Komputer Mini adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi.
@Kelebihan :
-Keunggulan untuk memproses data
-Mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer.
-Ukuran fisiknya dapat sebesar almari kecil.
-Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user).
-Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data.
@Kekurangan :
-Desain minimalis keyboard dan sempitnya LCD untuk pemakaian lama akan sangat tidak nyaman .
-Seorang desain grafis akan lelah dalam mengedit file gambar di monitor LCD
- LCD sempit yang membuat mata lelah si pengguna
@Solusi :
Solusi komputer mini dalam pemanfaatannya harus bisa dalam memproses data yang banyak . Desain ukurannya pun harus dibuat user friendly, terutama monitor LCD nya agar user nyaman untuk menggunakannya.

3. Komputer Mikro (Micro Computer)
Komputer Mikro adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.
@Kelebihan :
•Ukurannya yang sangat kecil dibandingkan dengan komputer mainframe.
•Interfacenya sudah berupa grafik. (GUI)
•Mudah dioperasikan.
•Harganya relatif murah.
•Kerjanya lumayan cepat.
@Kekurangan :
•Tidak bisa digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan.
•Tidak bisa digunakan untuk kegiatan yang sangat berat seperti untuk kegiatan penelitian ilmiah dan kegiatan suatu perusahaan.
•Processor hanya berjumlah satu.
•Hanya bisa membuka satu aplikasi dalam waktu yang sama.
•Tidak dapat memproses data yang sangat besar seperti komputer mainframe.
@Solusi :
Solusi komputer mikro dalam pemanfaatannya dibuat untuk bisa membuka banyak aplikasi dalam waktu yang sama dan bisa memproses data yang besar . Desain ukurannya yang kecil, akan bagus digunakan bila dilengkapi dengan fitur – fitur pendukung dalam user menggunakaannya.

KOMPUTER BERDASARKAN PENGGUNAANNYA
1.Special Purpose Computer
Special-purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.
Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: berbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game.

2.General Purpose Computer
Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan berbagai software, bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fata didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.
Walaupun general purpose computer dapat diprogram untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat terbang.


PENGENALAN HARDWARE
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1.INPUT Device (Unit Masukan)
Media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Contoh :
keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.

2.PROCESS DEVICE (UNIT PEMROSESAN)
Bagian pusat proses dinamakan CPU(Central Processing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memroses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output. Beberapa peralatan penting yang ada di dalam CPU antara lain adalah :

4.OUTPUT DEVICE (UNIT KELUARAN)
@Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karna keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.
@Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
@Speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.


PENGENALAN SOFTWARE
Pengertian Software (perangkat lunak) Komputer
Dalam dunia teknologi informasi kita sering mendengar kata software. Sebenarnya apa sih software itu? Ada yang mengatakan bahwa tanpa software, maka suatu komputer tidak dapat digunakan atau dioperasikan.Untuk mengetahui definisi atau pengertian dari software silahkan simak sedikit penjelasannya di bawah ini.
Pengertian Software
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa Mesin ; Assembler
Bahasa Tingkat Tinggi
- Menggunakan Compiler sebagai penterjemah ;
Fortran, LISP, Cobol, RPG, dsb
- Menggunakan Interpreter sebagai
penterjemah ; Basic, Pascal, Bahasa C, dsb
Bahasa Generasi Ke-4 ; Informix, Oracle, dsb
PAKET APLIKASI
- Word Star, dBase-II, Lotus 1-2-3, dll
- MS-Word, MS-Excell, MS-Power Point, dll

SISTEM OPERASI
-IBM–DOS, MS-DOS, WINDOWS, UNIX, LINUX
PENGENALAN BRAINWARE
SYSTEM ANALIS
Orang yang merancang suatu system
PROGAMMER
Orang yang membuat program
END-USER
Dalam bidang komputer sering sekali didengar istilah end user yang dimana memiliki arti pengguna akhir, end user adalah konsumen yang hanya memakai suatu teknologi tanpa mengetahui proses panjang dibaliknya. Dibalik teknologi yang terlihat sangat sederhana dengan dukungan GUI(graphic user interface) terdapat proses yang sangat panjang, hal ini tidak diketahui seorang end user atau konsumen akhir. Namun seharusnya diharapkan end user mengetahui cara kerja proses dibalik teknologi yang dibuat agar lebih menambah pengetahuan pengguna
Orang yang menggunakan komputer secara langsung.

semoga bermanfaat.

http://www.geocities.ws/Jesayas_2000/komputer.htm
http://sikompie.blogspot.co.id/2012/01/siklus-pengolahan-data-pada-komputer.html
Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Superkomputer
http://id.wikipedia.org/wiki/Mainframe
http://haksa12.wordpress.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/minicomputer
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_pribadi
http://pintarkomputercom.blogspot.com/2009/01/pc-personal-komputer.html
http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/jenis-jenis-komputer/
referensi: rudihd.wordpress.com, id.wikipedia.org
referensi : agussale.com, dan beberapa sumber lainnya



Komentar

Postingan populer dari blog ini